Biksu Ternama Tibet Menikah, Lepaskan Kehidupan Biara

Biksu Ternama Tibet Menikah, Lepaskan Kehidupan Biara – Biksu merupakan seseorang yang menyampaikan dan membabarkan ajaran dari agam BUDDHA. Untuk menjadi Biksu tidak lah seperti orang biasa yang dapat melakukan segala hal, salah satunya adalah menikah. Namun saat ini berbeda, terdapat biksu yang berasal dari Tibet yang meninggalkan kehidupan biara untuk memulai kehidupan barunya dengan menikahi seorang wanita.

Seorang biksu Buddha Tibet atau lama memutuskan untuk meninggalkan kehidupan membiara demi menikahi pujaan hati di masa kecilnya. Sejak masih anak-anak, Thaye Dorje berusia 33 tahun mengklaim dirinya sebagai reinkarnasi ke-17 Karmapa Lama, pemimpin satu dari empat biara Buddha Tibet terbesar.

Namun, pada Kamis (29/3/2017), kantor Thaye Dorje menerbitkan pengumuman yang sangat mengejutkan yang dimulai dengan kalimat: “Ada hal penting dan personal yang hendak disampaikan Karmapa kepada Anda sekalian…” Pengumuman itu mengungkapkan bahwa pada 25 Maret lalu Thaye Dorje telah menikahi Rinchen Yangzom yang berusia 36 tahun dalam sebuah seremoni tertutup di New Delhi, India.

Thaye dan Rinchen sudah saling mengenal selama 19 tahun, dan selama waktu itu pula persahabatan keduanya tumbuh semakini kuat menjadi sebuah ikatan spiritual. “Saya memiliki perasaan kuat, jauh di dalam hati terdalam, bahwa keputusan saya untuk menikah akan memberikan dampak positif tak hanya bagi saya tetapi juga garis keturunan keluarga,” kata Thaye Dorje.

“Mengikuti keinginan orangtua saya, dan setelah melakukan refleksi, saya merasa keputusan ini sudah benar baik bagi saya maupun garis keturunan keluarga,” tambah dia. “Sesuatu yang indah, sesuatu yang menguntungkan akan muncul bagi kita semua,” dia menegaskan. Nampaknya, status pernikahan tak akan banyak mengubah Thaye Dorje.

Juru bicara Thaye Dorje kepada harian Hindustan Times mengatakan, meski bukan lagi sebagai biksu dia tetap menjadi penerus Karmapa Lama. “Dia tetap akan mengajar dan memberikan berkat bagi para pelajar di seluruh dunia,” ujar sang juru bicara.

Bahkan, pada Juli hingga Agustus tahun ini, Thaye Dorje sudah memiliki jadwal perjalanan ke Swedia, Spanyol, dan Perancis. Namun, bukan hanya Thaye Dorje yang berkeliling dunia dan menyebut diri sebagai titisan Karmapa Lama.

Biksu lain yang kabur dari Tibet ke India pada 1999, Ogyen Trinley Dorje, di mata pengikutnya adalah sosok pemimpin biara Karma Kagyu. Pengakuan sama juga dilontarkan pemimpin spiritual bangsa Tibet, Dalai Lama.

Dia bahkan memiliki pengikut Facebook tiga kali lebih banyak Thaye Dorje. Thaye Dorje lahir di Tibet dan menurut biografi resminya dia sudah mulai mengaku sebagai Karmapa Lama sejak berusia 1,5 tahun.

Biksu Ternama Tibet Menikah, Lepaskan Kehidupan Biara

Navigasi pos