Gempa Lombok: 98 Orang Tewas, 236 Terluka

Gempa Lombok – Gempa bumi berkekuatan 7 SR yang terjadi di Lombok mengakibatkan puluhan orang tewas dan ratusa lainnya terluka cukup parah. Gempa awal terjadi pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB dengan kekuatan 6,8 SR dan tidak menimbulkan potensi tsunami. Namun, beberapa saat kemudian Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemutakhiran informasi bahwa kekuatan gempa tercata 7 SR dengan potensi tsunami.

Baca juga: 52 Orang Terluka Akibat Gempa 7 SR Di NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, hingga Senin (6/8/2018) sore korban meninggal dunia pascagempa di Lombok bertambah tujuh orang.

Tujuh korban meninggal dunia tersebut berada di Lombok Barat. Dengan demikian total korban meninggal dunia saat ini berjumlah 98 orang.

“Korban meninggal dunia bertambah tujuh orang. Total 98 orang meninggal dunia,” ujar Sutopo saat memberikan keterangan pers di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018) sore.

Sementara itu, lanjut Sutopo, tercatat sebanyak 236 korban mengalami luka-luka. Akibat gempa bermagnitudo 7 pada Minggu (5/8/2018), diprediksi sekitar 20 ribu orang mengungsi yang tersebar di beberapa titik pengungsian.

“Sebanyak 236 korban luka-luka. Pengungsi diperkirakan sekitar 20 ribu orang lebih,” kata Sutopo. Sebagian besar korban meninggal akibat dari runtuhnya bangunan yang menimpa para korban.

Sutopo memastikan semua korban meninggal dunia adalah warga negara Indonesia dan belum ada laporan wisatawan asing yang menjadi korban akibat gempa.

Menurut Sutopo, daerah Lombok Utara paling parah terdampak gempa karena berdekatan dengan pusat gempa. Rumah-rumah di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur yang sebelumnya hanya rusak ringan diguncang gempa 6,4 SR pada 29 Juli 2018 lalu menjadi rusak berat dan roboh akibat guncangan gempa bermagnitudo 7.

Sutopo juga memperkirakan jumlah korban meninggal dunia dan luka-luka akan terus bertambah. “Pendataan masih terus dilakukan oleh aparat. Korban diperkirakan masih akan terus bertambah,” ucap Sutopo.

Gempa Lombok: 98 Orang Tewas, 236 Terluka

Navigasi pos