India Tunda Operasi Militer Di Kashmir Selama Ramadan

India Tunda Operasi Militer Di Kashmir Selama Ramadan – Negara India akan segera menunda seluruh operasi militer untuk melawan pemberontak di Kashmir selama bulan suci Ramadan. “Kebijakan pertama Ramadan selama dua dekade ini,” demikian ditulis Al Jazeera, Kamis, 17 Mei 2018.

Baca juga:
Memasuki Ramadhan, Mesjid Di Jakut Dikelilingi Polisi

Untuk mendukung suasana damai saat umat islam menjalankan ibadah puasa, di lakukan penundaan operasi militer, menurut cuitan dari Twitter Kementrian dalam negeri. “Meskipun demikian, pasukan keamanan India, yang diperkirakan sekitar 500 ribu di Kashmir, memiliki hak membela diri jika diserang,” kata menteri.

Rabu, 16 Mei 2018, Mehbooba Mufti, Kepala Menteri Pemerintahan Kashmir, berharap keputusan India akan memperbaiki suasana damai dan bersahabat demi mewujudkan dialog berkelanjutan.

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari kelompok pemberontak yang menuntut otonomi lebih luas di Kashmir. Gencatan senjata ini pertama kali dilakukan selama Ramadan sejak otoritas India dan Hizbul Mujahidieen, kelompok pemberontak terbesar, menghentikan pertempuran adu senjata pada tahun 2000.

India dan Pakistan mengklaim wilayah Himalaya di Kashmir, kawasan yang telah dipisahkan dua negara pemilik nuklir sejak 1947 sesuai dengan Line of Control. Sentimen anti-India terus membara di Kashmir yang dihuni mayoritas muslim. Sebagian besar warga Kashmir ingin merdeka atau bergabung bersama Pakistan.

India Tunda Operasi Militer Di Kashmir Selama Ramadan

Navigasi pos