Trump Mengatakan Akan Tarik Bantuan Dari Suriah Barat

Trump Mengatakan Akan Tarik Bantuan Dari Suriah Barat – Pemimpin Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menarik bantuan yang dikirim oleh pemerintahannya dari Suriah kawasan barat laut yang di dominasi oleh kelompok-kelompk Islam. Amerika Serikat (AS) akan memfokuskan diri pada pemulihan kawasan di mana pasukan pimpinan AS telah berhasil merebut kembali wilayah dari ISIS di kawasan timut laut.

Baca juga:  Lina Absen, Rizky Menangis Sule Menganggap Hal Yang Wajar

Puluhan juta dollar akan di pangkas dari bantuan AS sebelumnya di wilayah tersebut. Termasuk di antaranya anggaran untuk melawan kelompok ekstrem, mendukung masyarakat dan media independen, dana penguatan pendidikan serta advokasi kebijakan masyarakat.

Pejabat AS mengatakan kepada Reuters, bantuan kemanusiaan tidak akan terpengaruh kebijakan tersebut di sekitar Idlib, wilayah terbesar yang masih dikuasai gerilyawan.

“Bantuan AS untuk program di barat laut Suriah tengah ditangguhkan agar dapat lebih memberikan dukungan potensial ke wilayah timur laut Suriah,” kata seorang pejabat luar negeri AS kepada Reuters.

Pejabat AS mengatakan pemerintah diyakini ingin memindahkan dukungannya ke wilayah di mana AS lebih memegang kendali.

Presiden Trump pada Maret lalu telah membekukan anggaran lebih dari 200 juta dolar dalam bentuk dana untuk upaya pemulihan di Suriah, sementara pemerintahan AS akan menilai kembali peranan Washington dalam konflik di Suriah

Pada kesempatan itu, Trump juga mengatakan bahwa ini adalah saatnya bagi AS meninggalkan Suriah, menyusul kemenangan rekan pasukan anti -ISIS. Sekitar 2.000 tentara AS dikerahkan ke Suriah.

Namun demikian pada April, Trump semakin memperdalam keterlibatan AS di Suriah dengan melancarkan serangan udara terhadap Suriah, sebagai tanggapan terhadap serangan gas beracun yang menewaskan puluhan orang.

Departemen Pertahanan AS, Pentagon memperkirakan, ISIS telah kehilangan lebih dari 98 persen wilayahnya di Irak dan Suriah. Meski demikian, pejabat militer AS meyakini masih sisa-sisa ISIS masih dapat memberikan perlawanan jika tidak distabilkan.

Trump Mengatakan, Akan Tarik Bantuan Dari Suriah Barat

Navigasi pos